Laman

Saturday, February 20, 2010

UNS nge-blog

Hhh...
Sekarang, UNS (Universitas Sebelas Maret) sedang gencar-gencarnya meningkatkan peringkat universitas kebanggaan Solo ini untuk menjadi "World Class University" (setidaknya hal tersebut sedang digembar-gemborkan oleh rektorat). Pembangunan-pembangunan gedung baru terus dilakukan, seminar-seminar tingkat nasional maupun internasional juga sering diadakan oleh pihak universitas. Tentu saja penelitian-penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa maupun dosen terus ditingkatkan. "Universitas Yang Berkelas Dunia" oleh pihak universitas yang didirikan hampir 34 tahun ini, nampaknya sangat bergantung pada peringkat yang diberikan oleh webomatrics.
Siapakah webomatrics tersebut? Webomatrics, (menurut yang saya tahu) ialah sebuah pemeringkatan universitas-universitas yang ada di dunia yang berpusat di Madrid, Spanyol dan didirikan atas inisiatif Cybermetrics Lab (sebuah kelompok penelitian yang dimiliki oleh CSIC). Webometrics tersebut memberikan peringkat berdasarkan penggunaan dan pemanfaatan Teknologi Informasi (atau bisa dikatakan website lah...) universitas yang bersangkutan. Nah, inilah yang sepertinya sangat dibanggakan oleh UNS sekarang ini, sehingga pemanfaatan Teknologi Informasi terus-menerus disosialisasikan oleh universitas.
Sosialisasi dilakukan secara menyeluruh oleh pihak universitas kepada para pribadi maupun organisasi yang ada di dalam kampus. Tidak terkecuali, organisasi kemahasiswaan (ormawa). Ketika saya diundang dalam sosialisasi ini, saya bisa dikatakan sangat kurang memahami Teknologi Informasi (gaptek, hehe..). Dengan segala keterbatasan pemahaman TI tersebut, (biar lebih enak dibaca daripada gaptek, haha..) dan diberi pengarahan ini-itu, sedikit demi sedikit tahu lah, apa yang dimaksud universitas. Intinya, setiap organisasi kemahasiswaan, termasuk Unit Kegiatan Mahasiswa diharapkan menginformasikan segala sesuatunya mengenai organisasi tersebut melalui blog (disuruh membuat blog). Blog tersebut bukanlah sembarang blog, melainkan blog yang difasilitasi oleh universtas. Nantinya, blog ini berdomain ormawa.uns.ac.id.
(lagi-lagi) dengan segala keterbatasan saya, mulailah saya membuat blog. Blog tersebut saya beri nama taekwondo.ormawa.uns.ac.id. Tidak secara serta-merta blog UKM taekwondo UNS itu saya buat, perlu trial n error berkali-kali serta bertanya-tanya kepada yang lebih menguasai ilmu Teknologi Informasi. Akhirnya bisa juga saya membuat blog, walaupun menurut saya masih jauh dari menarik. Paling tidak, UKM Taekwondo UNS telah berpartisipasi meningkatkan rangking UNS, meski tidak seberapa.
Mungkin para pembaca, sobat blogger, bertanya-tanya kenapa tulisan ini diawali dengan "hhhh...". Inilah jawabannya, sekarang, taekwondo.ormawa.uns.ac.id tidak bisa dibuka!! Entah mengapa ini terjadi saya juga tidak tahu. Kejadian ini sudah terjadi yang kedua kalinya. Dulu, sekitar bulan Juli 2009 ormawa.uns.ac.id tidak bisa dibuka. Sekarang, seperti itu lagi. Saya sangat mengharapkan UNS segera memperbaikinya, sayang sekali informasi yang ada di dalamnya harus hilang kalau tidak bisa dibuka lagi. Memang kesalahan saya sendiri tidak memback-up data-data yang saya posting....
Hhhh...

2 comments:

zamrey said...

maklum maz...pengen e dadi pelopor, tapi yow sih rodo ruwet ngene..dadi yo error truz...

agung said...

Hhhh...
itu mgkn juga bagian dari trial n error dalam rangka mewujudkan UNS jadi world class univ.

Post a Comment